Efektivitas Media Komik Strip untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana Bagi Gangguan Spektrum Autisme (Single Subjek Research Kelas V di SLB Autisma YPPA Padang).

Lenka, Aqsa Mareta (2023) Efektivitas Media Komik Strip untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana Bagi Gangguan Spektrum Autisme (Single Subjek Research Kelas V di SLB Autisma YPPA Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_AQSA_MARETRA_LENKA_19003005_8999_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan seorang anak dengan gangguan spektrum autisme kelas V di SLB Autisma YPPA padang yang belum mampu membaca kalimat sederhana yang terdapat huruf ng dan ny. Oleh karena itu dikemukakan rumusan masalah penelitian yaitu "Apakah media komik strip efektif meningkatan kemampuan membaca kalimat sederhana pada anak autis kelas V di SLB Autisma YPPA Padang?". Tujuan penelitian ini untuk membuktikan efektivitas media komik strip dalam meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana untuk anak gangguan spektrum autism kelas V di SLB Autisma YPPA Padang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk single subject research dan desain A-B. Desain A-B meliputi Al yaitu fase baseline yang merupakan kondisi awal atau keadaan alamiah anak sebelum intervensi, selanjutnya fase B ialah kondisi saat diberikannya intervensi. Dengan menggunakan desain A-B ini, peneliti dapat mengukur kemampuan anak Gangguan Spektrum Autisme dalam membaca kalimat sederhana yang terdapat huruf ng dan ny. Sebelum diberikan intervensi dan kemampuan akhir atau kemampuan yang diharapkan pada anak setelah diberikan intervensi berupa pembelajaran menggunakan Media komik strip. Hasil penelitian yang dilakukan adalah pada fase (A) sebanyak tiga kali pertemuan, persentase kemampuan Z yaitu 25% 25% 25%. Pada fase (B) sebanyak Sembilan pertemuan, persentase kemampuan Z yaitu 37,5%, 50%, 50%, 62,5%, 62%%, 75%, 87,5%, 87,5%, 87,5%, 87,5%. Dilihat dari data, terdapat peningkatan yang positif terhadap kemampuan Z. Sehingga media komik strip ini efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana bagi anak dengan Gangguan Spektrum Autisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorRahmatrisilvia, RahmatrisilviaUNSPECIFIED
CorrectorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kalimat Sederhana Komik Strip Gangguan SpektrumAutisme.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:04
Last Modified: 22 Jan 2024 08:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49820

Actions (login required)

View Item View Item