Pelaksanaan Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam lmplementasi Kurikukulum Merdeka di SMAN Kecamatan Koto Tangah.

Rahmadani, Riska (2023) Pelaksanaan Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam lmplementasi Kurikukulum Merdeka di SMAN Kecamatan Koto Tangah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RISKA_RAHMADANI_19002082_5570_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi penulis yang dilaksanakan di SMA N egeri 8 Padang, yang menunjukkan bahwa masih belum maksimalnya pelaksanaan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA N egeri 8 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang 1) Persepsi guru tentang penyusunan misi sekolah oleh kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri sekecamatan Koto Tangah Kota Padang, 2) Persepsi guru tentang pengelolaan pembelajaran oleh kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA N egeri Sekecamatan Koto Tangah Kota Padang dan 3) Persepsi guru tentang menciptakan iklim sekolah yang kondusif oleh kepala sekolah dalam implemetasi kurikulum merdeka di SMA Negeri Sekecamatan Koto Tangah Kota Padang. J enis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah 167 guru dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 63 guru yang di ambil dengan menggunakan teknik probably sampling dengan metode purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner dalam bentuk skala likeart yang sudah di uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penyusunan misi sekolah berada pada kategori baik yaitu 4,38, 2) pengelolaan pembelajaran berada pada kategori baik yaitu 4,05 dan 3) menciptakan iklim sekolah yang kondusif berada pada kategori baik yaitu 4,36. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA N egeri Sekecamatan Koto Tangah Kota Padang dari aspek penyusunan misi sekolah, pengelolaan pembelajaran, menciptakan iklim sekolah yang kondusiftergolong dalam kategori baik dengan skor rata-rata 4,26.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnisah, AnisahUNSPECIFIED
CorrectorGistituati, NurhizrahUNSPECIFIED
CorrectorAlkadri, HanifUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Pembelajaran Kurikulum Merdeka
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:03
Last Modified: 22 Jan 2024 02:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49817

Actions (login required)

View Item View Item