Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan

Nisa, Hayatun (2023) Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Hayatun_Nisa_19016161_6617_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga sebagai berikut. Pertama, untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan membaca pemahaman sebelum menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) siswa SMPN 1 Ranah Batahan. Kedua, untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa sesudah menggunakan strategi DRTA. Ketiga, untuk menjelaskan pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 47 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 yang berjumlah 23 siswa melalui teknik penarikan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, melakukan pretest kemampuan membaca siswa. Kedua, mengumpulkan lembar hasil pretest untuk diberikan skor. Ketiga, memberikan perlakuan menggunakan strategi DRTA sebanyak dua kali pertemuan. Keempat, melakukan Posttest. Kelima, mengumpulkan lembar hasil posttest untuk diberikan skor. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan sebelum dan sesudah menggunakan strategi DRTA. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif keterampilan membaca pemahaman teks cerpen. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung dan uji-t. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks cerpen sebelum menggunakan strategi DRTA berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 61,40. Kedua, keterampilan membaca pemahaman teks cerpen sesudah menggunakan strategi DRTA berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata nilai 84,20. Ketiga, berdasarkan uji-t hipotesis (H 1 ) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk = (n-1) karena t hitung > t tabel (7,62>1,71). Jadi dapat dikatakan bahwa H 1 diterima. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan strategi DRTA memberikan pengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman teks cerpen siswa kelas VII SMPN 1 Ranah Batahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorAbdurrahman, AbdurrahmanUNSPECIFIED
CorrectorZulfikarni, ZulfikarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:39
Last Modified: 19 Jan 2024 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49801

Actions (login required)

View Item View Item