Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning tentang Materi Keanekaragaman Hayati di SMA/MA

Syafril, Mega (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning tentang Materi Keanekaragaman Hayati di SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_3_MEGA_SYAFRIL_18031108_7259_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) membawa banyak perubahan di dunia pendidikan salah satunya media pembelajaran. Digitalisasi media mengubah media pembelajaran cetak menjadi elektronik, salah satunya e-modul. Berdasarkan observasi diketahui bahwa guru dan peserta didik belum pernah menggunakan e-modul serta p eserta didik masih kesulitan memahami materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilakan e-modul berbasis discovery learning tentang materi keanekaragaman hayati yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan, menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze (menganalisis), Design (merancang), Develop (mengembangkan), Implement (mengimplementasikan), dan Evaluate (mengevaluasi). Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen Biologi FMIPA UNP, 1 orang guru Biologi, dan 25 peserta didik kelas X MIPA MAN 4 Tanah Datar. Objek penelitian ini adalah e-modul berbasis discovery learning tentang materi Keanekaragaman Hayati. Instrumen yang digunakan adalah angket observasi dan wawancara, angket validitas, dan angket praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil validitas e-modul memiliki kriteria sangat valid dan hasil praktikalitas e-modul memiliki kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan e-modul berbasis discovery learning tentang materi keanekaragaman hayati yang sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorFitri, RahmadhaniUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, DISCOVERY LEARNING, KEANEKARAGAMAN HAYATI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:39
Last Modified: 19 Jan 2024 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49800

Actions (login required)

View Item View Item