Kelayakan Sediaan Masker Clay Ekstrak Jagung (Zea Mays Saccharata.) Kombinasi Bunga Melati (Jasminum Sambac L.) untuk Perawatan Kulit Wajah Berjerawa

Yenti, Nadia Putri (2023) Kelayakan Sediaan Masker Clay Ekstrak Jagung (Zea Mays Saccharata.) Kombinasi Bunga Melati (Jasminum Sambac L.) untuk Perawatan Kulit Wajah Berjerawa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_NADIA_PUTRI_YENTI_190780059_6315_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kulit, maka diperlukannya penggunaan kosmetika perawatan kulit wajah salah satunya adalah masker. Terdapat banyak bahan alami di Indonesia yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan menjadi bahan dasar alami kosmetika. Masker clay Jagung (zea mays sacharat) dan bunga Melati (jasminum sambac) adalah kosmetika perawatan wajah yang diformulasikan untuk jenis kulit berjerawat. Masker clay terbuat dari bahan alami berupa Jagung dan bunga Melati yang diekstraksi secara segar dengan campuran bahan kimia lainnya yang dijadikan kedalam sediaan masker clay. Masker clay mengandung antioksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas penyebab kulit berjerawat serta kandungan flavonoid yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada jerawat. Tujuan: Untuk menganalisis masker clay esktrak Jagung kombinasi bunga Melati ditinjau dari uji Laboratorium yaitu uji pH, Homogenitas, srining fitokimia (flavonoid,alkaloid), uji organoleptik, dan uji hedonik. Metode penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. eksperimen adalah metode yang digunakan untuk mencari suatu pengaruh perlakuan pada sesuatu yang sedang diteliti. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan dokumentasi, penelitian dilakukan di Uneversitas Perintis Indosenia untuk uji labor yaitu uji pH,homogenitas dan skrining fitokimia (flavonoid, alkaloid), dan uji hedonic dilakukan dilakuan di Universitas Negeri padang. Hasil dari penelitian ini berdasarkan uji organoleptik menunjukkan tekstur, warna, aroma, daya lekat, dan kesukaan panelis memiliki tingkat penilaian yang cukup tinggi. Untuk uji laboratorium masker clay ekstrak Jagung kombinasi bunga Melati memiliki uji pH yang sesuai dengan standar pH kulit wajah yaitu F1(5,98),F2(5,95),F3(6,08) dengan rentan pH yaitu 4-6 yang baik untuk kulit wajah dan uji homogenitas didapati semua formulasi pada masker clay ekstrak Jagung kombinasi bunga Melati adalah homogen pada F1,F2,F3 dan uji skrinning fitokimia menunjukan terdapat kandungan flavonoid yaitu F1 negatif ,F2 positif sedang dan F3 positif kuat, sedang terdapat kandungan negatif alkaloid pada F1,F2, dan F3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
CorrectorMinerva, PrimaUNSPECIFIED
CorrectorNovelni, RinggaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:21
Last Modified: 19 Jan 2024 04:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49791

Actions (login required)

View Item View Item