Pengembangan E-Learning Ekstrakurikuler Bimbingan TIK Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Musthafawiyah

Padli, Alvin Faiz Nuthgi (2023) Pengembangan E-Learning Ekstrakurikuler Bimbingan TIK Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Musthafawiyah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_ALVIN_FAIZ_NUTHGI_PADLI_21138009_3213_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan keterbatasan sumber dan media belajar, kurangnya fasilitas komputer, serta panjangnya waktu liburan semester yang membuat siswa tidak ada kegiatan bermanfaat di PPS Hidayatul Musthafawiyah dalam kegiatan ekstrakurikuler bimbingan TIK. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas dan Efektifitas E-Learning Ekstrakurikuler Bimbingan TIK di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Musthafawiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Metode penelitian ini menggunakan analisis Model pengembangan 4-D tahap utama yaitu Pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate) langkah utama dalam penelitian tidak hanya menurut versi asli tetapi disesuaikan dengan karakteristik subjek dan tempat penelitian. Uji coba dilakukan pada 3 orang ahli media pembelajaran dan 37 orang siswa di PPS Hidayatul Musthafawiyah. Hasil uji validitas oleh para ahli Secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap E-Learning ekstrakurikuler bimbingan TIK sebesar 96,42%, sehingga tingkat validitas dapat diinterpretasikan sangat valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan sebesar 92,77%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat diinterpretasikan sangat praktis digunakan. Hasil penilaian uji efektivitas Secara keseluruhan sebesar 98,51%, sehingga tingkat efektivitasnya dapat di interpretasikan sangat efektif digunakan. Berdasarkan penilaian beserta masukan ahli serta hasil dari uji coba lapangan media pembelajaran E-Learning ekstrakurikuler bimbingan TIK sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran PPS Hidayatul Musthafawiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdullah, RijalUNSPECIFIED
CorrectorHuda, AsrulUNSPECIFIED
CorrectorMaksum, HasanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-LEARNING, BIMBINGAN TIK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:21
Last Modified: 19 Jan 2024 04:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49789

Actions (login required)

View Item View Item