Kontribusi Minat Menjadi Mekanik Otomotif Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan

Valentio, Regi (2023) Kontribusi Minat Menjadi Mekanik Otomotif Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_REGI_VALENTINO_19073105_7204_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh belum adanya kajian mendalam yang berkaitan dengan hubungan antara minat siswa dalam menjadi mekanik otomotif dan dampaknya terhadap motivasi dan prestasi belajar mereka dalam mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan di sekolah menengah kejuruan (SMK). Terdapat keterbatasan informasi mengenai sejauh mana minat siswa dalam bidang ini memengaruhi motivasi belajar mereka.Penelitian ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran minat siswa untukmenjadi mekanik otomotif terhadap motivasi dan prestasi belajar mereka di mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan di SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis multivariat (Multivariate Analysisof Variance) dengan metode Hotelling'sTrace untuk menguji kontribusi minat menjadi mekanik otomotif (X) terhadap motivasi belajar (Y1) dan prestasi belajar siswa (Y2). Tujuan dari pendekatan analisis multivariatini adalah menganalisis kontribusi variabel dependen (X) terhadap kovariat varian variabel dependen (Y) secara bersamaan. Analisis ini memungkinkan pengujian hipotesis tentang hubungan yang signifikan antara variabel, memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang hubungan kompleks antara variabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa kontribusi variabel independen X signifikan secara statistik dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi umum (0,05). Nilai Hotelling'sTraceyaitu0,512 menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen X terhadap variabel dependen memiliki tingkat kekuatan yang sedang.Rekomendasi yang disarankan adalah sebagai berikut; Rekomendasi yang peneliti sarankan dari hasil penelitian ini diantaranya: 1). SMKN 1 Padang perlu merancang program pendidikan yang lebih menarik untuk memotivasi siswa dalam mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan, 2). Gunakan hasil penelitian ini sebagai panduan dalam merancang kebijakan pendidikan yang lebih efektif, 3). Lakukan penelitian lebih lanjut untuk menjelajahi faktor-faktor lain yang memengaruhi motivasi dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWagino, WaginoUNSPECIFIED
CorrectorFernandez, DonnyUNSPECIFIED
CorrectorMuslim, MuslimUNSPECIFIED
Subjects: T Technology
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:21
Last Modified: 18 Jan 2024 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49732

Actions (login required)

View Item View Item