Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Hidrolisis Garam untuk Sekolah Penggerak Fase F SMAN 15 Padang

Arisandi, Harnita (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Hidrolisis Garam untuk Sekolah Penggerak Fase F SMAN 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_HARNITA_ARISANDI_19035088_8520_2023.pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning untuk sekolah penggerak fase F SMAN 15 Padang pada materi hidrolisis garam. Studi ini dilakukan untuk menentukan kevalidan dan tingkat kepraktisan dari LKPD yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Education Design Research (EDR) yang memiliki tiga tahapan yaitu Preliminary Research atau investigasi awal, Development or Prototyping phase, dan tahap Assessment. Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Prototyping phase. Instrument yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. LKPD ini divalidasi oleh lima orang validator yaitu tiga orang dosen departemen kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang dan dua orang guru kimia Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Padang. Data validasi yang diperoleh dianalisis menggunakan skala Aiken’s V. Tahap uji praktikalitas nya melalui angket praktikalitas yang diberikan kepada guru dan peserta didik fase F Sekolah Menengah Atas Negeri15 Padang. Berdasarkan hasil angket validitas dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah valid dengan nilai V sebesar 0,85 dengan kategori valid. Sedangkan, hasil dari praktikalitas guru dan peserta didik didapatkan nilai praktikalitas berturut-turut sebesar 96% dan 92% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryani, OktaUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING, HIDROLISIS GARAM, SEKOLAH PENGGERAK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:33
Last Modified: 18 Jan 2024 01:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49693

Actions (login required)

View Item View Item