Pemanfaatan Layanan Corner dalam Meningkatkan Minat Kunjung Mahasiswa di UPT Perpustakaan Universitas Andalas.

Akbar, Luthfi Haykal (2023) Pemanfaatan Layanan Corner dalam Meningkatkan Minat Kunjung Mahasiswa di UPT Perpustakaan Universitas Andalas. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_08_LUTHFI_HAYKAL_AKBAR_19234082_8488_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan alasan mahasiswa dalam pemanfaatan layanan corner di UPT Perpustakaan Universitas Andalas, (2) mendeskripsikan penilaian mahasiswa dalam pemanfaatan layanan corner di UPT Perpustakaan Universitas Andalas, (3) mendeskripsikan hasil yang didapatkan oleh mahasiswa dalam pemanfaatan layanan corner di UPT Perpustakaan Universitas Andalas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Universitas Andalas sebanyak 40.389 mahasiswa dengan sampel 100 responden. Data dikumpulkan melalui kousioner (angket), dokumentasi, wawancara dan studi kepustakaan. Uji persyaratan analisis dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Data dianalisis dengan uji hipotesis dan dibantu aplikasi SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan layanan corner untuk meningkatkan minat kunjung mahasiwa di UPT Perpustakaan Universitas Andalas sudah baik berdasarkan 6 indikator dengan perolehan skor 3,25 berada pada kategori tinggi. Pertama indikator reason (alasan) mendapatkan skor 3,3 berada pada kategori sangat tinggi. Kedua, indikator instruction (penilaian) mendapatkan skor 3,31 berada pada kategori sangat tinggi berdasarkan penilaian siswa terhadap sumber informasi, pengalaman memanfaatkan layanan, penilaian lingkungan. Ketiga, result (hasil) memperoleh skor 3,27 dengan kategori sangat tinggi, hal ini berdasarkan hasil pemenuhan pengetahuan pengetahuan, hasil dalam pemenuhan rasa emosional, penyelesaian tugas, pemeuhan kehendak, penghematan waktu, biaya. Keempat, indikator perhatian memperoleh skor 3,29 dengan kategori sangat tinggi, dimana mahasiswa berkunjung untuk meningkatkan kualitas diri, perhatian mencapai cita-cita mendorong berkunjung ke corner, perhatian untuk meningkatkan keterampilan literasi. Kelima, indikator kesenangan memperoleh skor 3,29 dengan kategori sangat tinggi, dimana mahasiswa dapat senang berkunjung karena koleksi lengkap, senang berkunjung karena fasilitas memadai, senang berkunjung karena volunteer corner melayani dengan baik, senang berkunjung karena desain dan penata ruang bagus dan nyaman, senang berkunjung dapat mudah menyeselesaikan tugas, senang berkunjung karena dapat belajar berbagai ilmu dan memperoleh ilmu baru. Keenam, indikator kemauan memperoleh skor 3,09 dengan kategori tinggi, hal ini mahasiswa dapat memiliki kemauan dari dalam diri sendiri untuk berkunjung, kemauan berkunjung karena teman juga berkunjung, kemauan berkunjung karena dorongan atau suruhan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNabila, JeihanUNSPECIFIED
CorrectorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan, layanan corner, minat kunjung, mahasiswa
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:10
Last Modified: 17 Jan 2024 08:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49678

Actions (login required)

View Item View Item