Akbar, Luthfi Haykal
(2023)
Pemanfaatan Layanan Corner dalam
Meningkatkan Minat Kunjung Mahasiswa di UPT Perpustakaan
Universitas Andalas.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan alasan mahasiswa dalam
pemanfaatan layanan corner di UPT Perpustakaan Universitas Andalas, (2)
mendeskripsikan penilaian mahasiswa dalam pemanfaatan layanan corner di UPT
Perpustakaan Universitas Andalas, (3) mendeskripsikan hasil yang didapatkan
oleh mahasiswa dalam pemanfaatan layanan corner di UPT Perpustakaan
Universitas Andalas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.
Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Universitas Andalas
sebanyak 40.389 mahasiswa dengan sampel 100 responden. Data dikumpulkan
melalui kousioner (angket), dokumentasi, wawancara dan studi kepustakaan. Uji
persyaratan analisis dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas.
Data dianalisis dengan uji hipotesis dan dibantu aplikasi SPSS versi 26.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan layanan corner untuk
meningkatkan minat kunjung mahasiwa di UPT Perpustakaan Universitas Andalas
sudah baik berdasarkan 6 indikator dengan perolehan skor 3,25 berada pada
kategori tinggi. Pertama indikator reason (alasan) mendapatkan skor 3,3 berada
pada kategori sangat tinggi. Kedua, indikator instruction (penilaian) mendapatkan
skor 3,31 berada pada kategori sangat tinggi berdasarkan penilaian siswa terhadap
sumber informasi, pengalaman memanfaatkan layanan, penilaian lingkungan.
Ketiga, result (hasil) memperoleh skor 3,27 dengan kategori sangat tinggi, hal ini
berdasarkan hasil pemenuhan pengetahuan pengetahuan, hasil dalam pemenuhan
rasa emosional, penyelesaian tugas, pemeuhan kehendak, penghematan waktu,
biaya. Keempat, indikator perhatian memperoleh skor 3,29 dengan kategori sangat
tinggi, dimana mahasiswa berkunjung untuk meningkatkan kualitas diri, perhatian
mencapai cita-cita mendorong berkunjung ke corner, perhatian untuk
meningkatkan keterampilan literasi. Kelima, indikator kesenangan memperoleh
skor 3,29 dengan kategori sangat tinggi, dimana mahasiswa dapat senang
berkunjung karena koleksi lengkap, senang berkunjung karena fasilitas memadai,
senang berkunjung karena volunteer corner melayani dengan baik, senang
berkunjung karena desain dan penata ruang bagus dan nyaman, senang
berkunjung dapat mudah menyeselesaikan tugas, senang berkunjung karena dapat
belajar berbagai ilmu dan memperoleh ilmu baru. Keenam, indikator kemauan
memperoleh skor 3,09 dengan kategori tinggi, hal ini mahasiswa dapat memiliki
kemauan dari dalam diri sendiri untuk berkunjung, kemauan berkunjung karena
teman juga berkunjung, kemauan berkunjung karena dorongan atau suruhan orang
lain.
Actions (login required)
|
View Item |