Struktur dan Diksi Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Riau

Nurmalenia, Cindy (2023) Struktur dan Diksi Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_CINDY_NURMAELNIA_18016007_5612_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks anekdot karya siswa kelas X SMK Negeri 1 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Kedua, mendeskripsikan penggunaan diksi yang ditinjau dari sudut penulisan, bentuk, dan makna dalam teks anekdot siswa kelas X SMK Negeri 1 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah struktur dan diksi teks anekdot karya siswa kelas X SMK Negeri 1 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Latar belakang penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Data penelitian ini adalah struktur dan ketepatan diksi teks anekdot yang diperoleh langsung dari sumber data penelitian. Sumber data tersebut berupa teks-teks anekdot. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks anekdot karya siswa kelas X SMK Negeri 1 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Riau tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pancing. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneli sendiri. Penganalisisan data disesuaikan dengan alur penganalisisan data kualitatif, yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan dua hal sebagai berikut. Pertama, dalam menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Negeri 1 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Riau telah menggunakan kelima struktur teks anekdot. Kelima struktur teks anekdot tersebut, yaitu abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan koda. Hal itu terbukti dari semua teks anekdot siswa yang telah dianalisis, sebagaian besar siswa sudah mampu menulis teks anekdot dengan struktur yang lengkap. Akan tetapi masih ada beberapa abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan koda yang ditulis siswa tidak tepat. Kedua, ditemukan ketepatan diski yang lebih dominan berdasarkan kesalahan penulisan, pembentukan dan ketapatan makna dalam tulisan siswa kelas X SMK Negeri 1 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Riau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArief, ErmawatiUNSPECIFIED
CorrectorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, Mohd.UNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:05
Last Modified: 17 Jan 2024 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49661

Actions (login required)

View Item View Item