Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketidaktuntasan Wajib Belajar 12 Tahun di Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2022 Menggunakan Metode CHAID

Nabila, Findie (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketidaktuntasan Wajib Belajar 12 Tahun di Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2022 Menggunakan Metode CHAID. Diploma thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_10_FINDIE_NABILA_20037024_9224_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pentingnya peran pendidikan mencerminkan bahwa kondisi pendidikan masyarakat mendukung lajunya pembangunan sumber daya manusia. Rata-rata lama sekolah penduduk Pasaman Barat tahun 2022 adalah sekitar 8,5 tahun yang artinya rata-rata penduduk hanya mengenyam pendidikan sampai kelas VIII atau kelas 2 SMP dimana angka ini menandakan program wajib belajar 9 tahun belum tercapai secara optimal. Ketidaktuntasan wajib belajar juga dapat dilihat dari angka partisipasi sekolah, di Kabupaten Pasaman Barat semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin rendah angka partisipasi sekolahnya. Pada kelompok umur 16-18 tahun angka partisipasi sekolah berbeda jauh jika dibandingkan kelompok umur lainnya, salah satu penyebabnya yaitu pada usia 16-18 tahun sudah masuk pada usia angkatan kerja. Sehingga, banyak anak yang memilih atau terpaksa untuk bekerja dibandingkan bersekolah dan hanya menikmati pendidikan sampai 9 tahun, yang artinya program wajib belajar 12 tahun belum tercapai sepenuhnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian terapan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel terikat (Y) status pendidikan penduduk dan variabel bebas (X) yaitu jenis kelamin, pendidikan orang tua, tipe keluarga, dan pekerjaan orang tua. Hasil penelitian menggunakan metode CHAID menghasilkan sebuah diagram pohon yang terdiri dari 3 segmen dan 2 variabel. Dari 3 segmen yang dihasilkan dua variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu pekerjaan orang tua dan tipe keluarga

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Atus AmadiUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorFitria, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STATISTIKA, KLASIFIKASI, WAJIB BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:42
Last Modified: 17 Jan 2024 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49655

Actions (login required)

View Item View Item