Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI SMAN 7 Padang.

Febriyani, Febriyani (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI SMAN 7 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_1_FEBRIYANI_16029059_8398_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu kemampuan yang perlu dimiliki dan dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya di kelas XI SMAN 7 Padang kemampuan ini masih belum optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganilisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih baik daripada model pembelajaran langsung serta mendeskripsikan perkembangan kemampuan mereka yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan deskriptif dengan rancangan penelitian Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 7 Padang 2022/2023. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, kelas XI F6 sebagai kelas eksperimen dan XI F7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah latihan dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal uraian yang dianalisis dengan uji-t. Data perkembangan kemampuan tersebut dideskripsikan berdasarkan hasil latihan, sedangkan hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji-t, diperoleh P-value = 0,000, sehingga tolak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF, PEMBELAJARAN LANGSUNG, PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:13
Last Modified: 17 Jan 2024 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49654

Actions (login required)

View Item View Item