Pembuatan Modul Digital berbasis POE (Predict Observe Explain) Disertasi Computer Assisted Feedback Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Kinematika.

Anusba, Elarismoy Beporta (2023) Pembuatan Modul Digital berbasis POE (Predict Observe Explain) Disertasi Computer Assisted Feedback Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Kinematika. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_5_ELARISMOY_BEPORTA_ANUSBA_19033151_9388_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Selama pandemi Covid-19 pemerintah menerapkan pembelajaran daring.Namun, dengan perbaikan situasi, model pembelajaran beralih ke sistem gabungan dan akhirnya ke pembelajaran tatap muka.Perubahan dari pembelajaran daring ke tatap muka telah mempengaruhi pemahaman siswa terhadap konsep.Dampaknya terlihat dari hasil ulangan siswa pada topik kinematika yang menunjukkan penurunan pemahaman konsep.Penggunaan bahan ajar yang sesuai menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa.Penggunaan bahan ajar yang lebih sering digunakan dalam pembelajaran cenderung berfokus pada materi yang melibatkan perhitungan.Oleh karena itu, penting untuk menciptakan modul digital yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian designresearch dengan menerapkan model pengembangan Plomp. Proses penelitian melibatkan tiga tahapan, yaitu preliminary research; development or prototyping phase, dan assessment phase. Penelitian ini fokus pada tahap DevelopmentorPrototypingPhase dan uji coba small group.Objek penelitian adalah pengembangan modul digital berbasis POE dengan penerapan feedback komputer pada topik kinematika. Data dikumpulkan dari hasil preliminary research melalui wawancara dan survey yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik persentase.Validitas produk menggunakan indeks validitas Aiken’s V. Evaluasi praktikalitas one-to-one dan small group dilakukan dengan pengumpulan data wawancara dan lembar angket kemudian dianalisis dengan teknik persentase. Penyusunan modul digital berbasis POE memfokuskan pada lembar kerja dengan sintaks POE yangdisertai computer-assisted feedback.Hasil self-evaluation diperoleh rata-rata 88% dengan kategori sangat baik. Hasil uji validitas diperoleh rata-rata 0,94 dengan kategori valid. Hasil one-to-one diperoleh rata rata 93% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji praktikalitas oleh siswa dan guru (small group) diperoleh hasil 84% dan 85,5 % dengan kategori sangat praktis. Hasil uji coba modul digital menunjukkan bahwa modul digital berbasis POE dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa pada materi kinematika. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul digital berbasis POE valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran fisika untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi kinematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL DIGITAL, PEMAHAMAN KONSEP, KINEMATIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:00
Last Modified: 16 Jan 2024 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49634

Actions (login required)

View Item View Item