Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Struktur Atom untuk Kelas X Fase E SMA

Nofriyanti, Desi (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Struktur Atom untuk Kelas X Fase E SMA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_7_DESI_NOFRIYANTI_19035136_8908_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil wawancara guru kimia dari dua sekolah di Kabupaten Tanah Datar menyatakan bahwa peserta didik sulit memahami materi sehingga hasil belajar peserta didik masih rendah. Hasil angket peserta didik menunjukkan 64% responden mengalami kesulitan dalam memahami materi struktur atom dan 62% responden menyatakan bahan ajar yang digunakan belum mampu membantu peserta didik dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis problem based learning pada materi strukur atom untuk Kelas X fase E SMA yang valid dan praktis untuk membantu peserta didik memahami materi struktur atom. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian Educational Design Research model Plomp. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Padang Ganting dan FMIPA UNP dengan subjek penelitian guru Kimia dan peserta didik Kelas X fase E SMA N 1 Padang Ganting dan Dosen Kimia FMIPA UNP. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer. Data validitas dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V, sedangkan data praktikalitas dianalisis dengan menentukan persentase praktikalitas dari perbandingan jumlah skor responden dengan jumlah skor maksimal. Hasil validitas LKPD memperoleh indeks validitas rata-rata 0,8 untuk komponen isi, 0,82 untuk komponen konstruk, 0,8 untuk komponen bahasa, dan 0,82 untuk komponen kegrafisan. Hasil angket praktikalitas LKPD oleh peserta didik memperoleh nilai 86% untuk aspek kemudahan penggunaan, 87% untuk aspek efisiensi waktu dan 84% untuk aspek manfaat, sedangkan praktikalitas oleh guru memperoleh nilai 96% untuk aspek kemudahan penggunaan, 90% untuk aspek efisiensi waktu dan 92% untuk aspek manfaat. Kesimpulannya, pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada materi strukur atom untuk Kelas X fase E SMA menghasilkan LKPD yang valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
CorrectorSuryani, OktaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING, STRUKTUR ATOM, PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:59
Last Modified: 16 Jan 2024 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49631

Actions (login required)

View Item View Item