Pengembangan Pembelajaran Kewirausahaan Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Bakti 100 Ceria Kota Padang

Yanti, Adri (2023) Pengembangan Pembelajaran Kewirausahaan Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Bakti 100 Ceria Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_ADRI_YANTI_1733003_8581_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kurang optimalnya pembelajaran kewirausahaan. Pembelajaran kewirausahaan dalam perencanaan belum terintegrasi dengan tema dan belum efektifitasnya praktikalitas pembelajaran kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengambarkan pembelajaran kewirausahaan bagi anak usia dini dan melakukan uji praktikalitas, efektivitas model pembelajaran kewirausahaan bagi anak usia dini untuk menghasilkan modul pembelajaran kewirausaan anak usia 5-6 tahun bisa dikembangkan di Raudhatul Athfal Bakti 100 Ceria. Jenis penelitian ini kuantitatif yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model Research and Development.Adapun model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four-D).Prosedur pengembangan terdiri dari difine, desain, development and dissemination. Teknik pengumpulan data lembar angket validasi, instrument kepraktisan dan instrument keefektifan. Teknik analisis data terdiri dari analisis data validasi pembelajaran, analisis praktikalitas pembelajaran kewirausahaan dan analisis efektifitas pembelajaran. Hasil penelitian mengambarkan bahwa dihasilkan modul pembelajaran kewirausahaan pada tema kebutuhanku untuk siswa Raudhatul Athfal Bakti 100 Ceria atas RPPH, dan Modul, dengan kategori sangat valid, hasil pengamatan keterlaksanaan RPPH dengan persentase 94,25% berada pada kategori valid. Respon siswa terhadap praktikalitaspembelajaran kewirausahaandengan persentase dengan 90,25% berada pada kategori sangat sesuai. Respon guru terhadap Pratikalitas Modul Pembelajaran Kewirausahaan dengan persentase 90,25% berada pada kategori sangat sesuai. Efektifitas penggunaan modul pembelajaran kewirausahaan pada materi kebutuhanku diketahui melalui aktifitas siswa dan hasil belajar. Uji efektifitas, aktifitas siswa dengan rata-rata 76,38 berada pada kategori tinggi dan hasil belajar siswa berkembang sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMayar, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:59
Last Modified: 16 Jan 2024 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49630

Actions (login required)

View Item View Item