Deskripsi Pedagogical Chemistry Sensemaking pada Modul Ajar Guru Kimia Sekolah Penggerak Untuk Materi Asam Basa dalam Kurikulum Merdeka

Nengsih, Aprilia Wilda (2023) Deskripsi Pedagogical Chemistry Sensemaking pada Modul Ajar Guru Kimia Sekolah Penggerak Untuk Materi Asam Basa dalam Kurikulum Merdeka. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_7_APRILIA_WILDA_NENGSIH_19035068_9090_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Materi asam basa merupakan salah satu pelajaran kimia yaang dipelajari fase F. Wawancara beberapa guru kimia di Padang mengemukakan bahwa guru kimia perlu menguasai tiga level representasi materi: makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) membantu guru mengajar materi kimia dengan mengakses pengetahuan konten dan pengetahuan pedagogik guru. Namun, implementasi PChK dalam penyusunan perangkat ajar masih terkendala. Pedagogical Chemistry Sensemaking (PedChemSense) sebagai kerangka konseptual membantu guru mengintegrasikan PChK pada pembelajaran kimia, yang terlihat dalam penyusunan perangkat ajar guru, termasuk modul ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan PedChemSense pada modul ajar guru kimia sekolah penggerak, khususnya materi asam basa fase F. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain Model of Educational Reconstruction (MER). Instrumen yang digunakan berupa: daftar check analisis dokumen PedChemSense yang telah divalidasi, hasil analisis modul ajar, hasil wawancara klarifikasi guru dan hasil FGD terhadap hasil analisis modul ajar. Hasil dari penelitian diperoleh profil PedChemSense guru A, guru B dan guru C dari hasil analisis modul ajar 1 dan 2 yaitu indikator Chemistry Sensemakingdan Pedagogical Sensemaking menunjukkan bahwa beberapa indikator ada namun tidak sesuai dan juga menunjukkan bahwa indikator tidak ada. Selain itu, modul ajar guru C tidak menjelaskan tujuan pembelajaran 2 dan 4 secara spesifik di dalam modu ajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
CorrectorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL AJAR, KURIKULUM MERDEKA, ASAM BASA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:52
Last Modified: 16 Jan 2024 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49618

Actions (login required)

View Item View Item