Suci, Anjelly Wulan
(2023)
Persepsi Siswa Terhadap Kurikulum Merdeka Seni
Tari Kelas X SMA Don Bosco Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan "Persepsi
Siswa terhadap Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas X di SMA Don Bosco Padang”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
deskriptif. Instrument dari penelitian ini adalah peneliti sendiri, dibantu dengan
pendukung lain berupa kuesioner (angket). Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu. (1) observasi, (2) wawancara, dan (3)
kusioner. Selanjutnya analisis isi pada penelitian ini dilakukan dengan langkah kerja
sebagai berikut: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap kurikulum merdeka
pembelajaran seni tari baik karena kurikulum merdeka sangat membantu siswa dalam
menggali potensi dalam diri yang masih tersimpan di dalam diri siswa, melatih
percaya diri, dan menumbuhkan sikap mandiri, kurikulum merdeka menambah
wawasan siswa dalam mempelajari seni tari sehingga siswa dapat mengasah kreatifitas
dalam melakukan gerakan gerakan tari.
Dapat disimpulkan bahwa kurikulum merdeka pembelajaran seni tari diterima
baik oleh siswa kelas XE5-XE8. Dari persepsi siswa yang menyatakan baik dimana,
siswa merasa jika kurikulum merdeka pada mata pelajaran seni tari tidak buruk.
Actions (login required)
|
View Item |