Mawarni, Yulia
(2023)
Efektivitas Media Teka-Teki Silang Terhadap
Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Siswa SMA.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya penguasaan kosakata
bahasa Jepang siswa serta kesulitan dalam menghafal kosakata bahasa Jepang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media teka-teki silang
terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa SMA. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan
penelitian Pre Exprimental Design. Desain penelitian yang digunakan yaitu one
group pretest and posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII
IPS 1 sebanyak 25 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
teknik Purposive Sampling. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes pretest dan
posttest. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes objektif
berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Berdasarkan hasil uji Paired
Samples T-Test dapat dilihat dari hasil nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. diterima
sedangkan Ho ditolak, sehingga disimpulkan bahwa media permainan teka-teki
silang efektif secara signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa
kelas XII IPS 1 SMAN 13 Padang. Selain itu, terjadi peningkatan penguasaan
kosakata bahasa Jepang siswa setelah menggunakan media teka-teki silang.
Peningkatan ini dapat dilihat dari rata-rata pretest sebesar 70,76 menjadi 83,32
Actions (login required)
|
View Item |