Komparasi Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas X MAN 2 Kota Padang dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD dan Jigsaw

Wirahmawati, Apriani (2023) Komparasi Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas X MAN 2 Kota Padang dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD dan Jigsaw. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_5_APRIANI_WIRAHMAWATI_19033007_8023_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oeh rendahnya keterampilan kolaborasi siswa kelas X MAN 2 Kota Padang dan juga guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat untuk menunjang keterampilan kolaborasi siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan keterampilan kolaborasi siswa kelas X MAN 2 Kota Padang yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan Jigsaw. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Kota Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2023/2024 dengan sampel penelitian adalah kelas X 1 dan X 2. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kinerja keterampilan kolaborasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uj hipotesis. Berdasarkan hasl analisis data yang teh dilakukan dpat dikemukakan hasl penelitian. Pertama, perbandingan peningkatan ketermpilan kolaborasi kelas STAD lebih tinggi dibandingkan kelas Jigsaw. Kelas STAD mengalami peningkatan sebesar 42,02 sdangkan kelas Jigsaw sebesar 41,08. Kedua, perbandingan peningkatan setiap indikator keterampilan kolaborasi pada kedua kelas sampel. Indikator kolaborasi yang dilihat pada penelitian ini adalah kerjasama, kinerja, kontrbusi, diskusi, tanggung jawab, dan musyawarah. Kedua kelas STAD maupun Jigsaw mengalami peningkatan, naun peningkatan nilai indikato keterampilan kolaborasi kelas STAD lebih tinggi dibndingkan kelas jigsaw. Ketiga, perbandingan keterampilan kolaborasi kedua kelas sampel setelah diberi perlakuan. Kelas STAD memiliki nilai rata-rata keterampilan kolaborasi lebih tinggi diandingkan kelas Jigsaw. Kelas STAD memperoleh nilai sebesar 94,33 sedangkan kelas Jigsaw sebesar 87,44. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pemeblajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dibandingkan model pebelajaran kooperatif tipe Jigsaw

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN STAD, JIGSAW, KETERAMPILAN KOLABORASI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:51
Last Modified: 15 Jan 2024 08:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49573

Actions (login required)

View Item View Item