Penerapan Kedisiplinan Siswa Melalui Moving Class pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Andika, Satria (2023) Penerapan Kedisiplinan Siswa Melalui Moving Class pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_SATRIA_ANDIKA_19329044_5571_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Setiap sistem pembelajaran pasti memiliki inovasi tersendiri yang mempengaruhi tujuan yang ingin dicapai dalam pembentukan moral siswa, salah satunya kedisiplinan siswa melalui sistem pembelajaran perpindahan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kedisiplinan siswa melalui moving class pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pembangunan Laboratorium UNP berserta apa saja faktor pendukung dan penghalangnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data penelitian yang peneliti peroleh dari informan terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, tiga guru PAI dan siswa kelas X.E melalui wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan sebagai instrumen penelitian serta didukung dengan observasi dan dokumentasi untuk teknik pengumpulan data. Seluruh data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan beberapa teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, kemudian dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik keabsahan data dengan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kedisiplinan siswa melalui moving class pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pembangunan Laboratorium UNP terlaksana dengan baik, ada beberapa cara yang dapat membantu dan mendorong penerapan kedisiplinan siswa tersebut yaitu struktur waktu, rasa tanggung jawab dan perubahan lingkungan, selain itu ada dua faktor yang mempengaruhi penerapan kedisiplinan siswa dengan sistem berpindah kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pembangunan Laboratorium UNP yaitu faktor pendukung yang meliputi sosialisasi, aktifitas fisik dalam keberagaman pembelajaran, interaksi sosial siswa dan persiapan ruangan serta faktor penghalangnya yaitu perubahan rutinitas. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai data awal untuk penelitian berikutnya dalam mengkaji isu-isu yang berbeda terkait dengan permasalahan ini beserta isu lainnya yang relevan dengan konteks ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAl-Ikhlas, Al-IkhlasUNSPECIFIED
CorrectorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN KEDISIPLINAN SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:50
Last Modified: 15 Jan 2024 08:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49571

Actions (login required)

View Item View Item