Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Cahaya Hati Pauh Kambar Padang Pariaman. Program studi Pendidikan Agama Islam

Irfanita, Irfanita (2023) Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Cahaya Hati Pauh Kambar Padang Pariaman. Program studi Pendidikan Agama Islam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_IRFANITA_19329018_5555_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena semakin berkembangnya pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an diberbagai sekolah, baik sekolah formal ataupun nonformal dengan berbagai strategi, metode, teknik yang dilakukan dalam rangka membumikan Al-Qur’an. Dalam hasil observasi dan wawancara yang telah peneliti lakukan ditemukan bahwa di SD IT Cahaya Hati Pauh Kambar masih terdapat peserta didik yang rendah minatnya dalam belajar Al-Qur’an dan menghafalkannya. Disamping itu, tingkat kemampuan hafalan peserta didik yang berbeda-beda menyebabkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hafalan masing-masing peserta didik. Namun, program Tahfidz Al-Qur’an selalu diupayakan dan dikembangkan oleh SD IT Cahaya Hati Pauh Kambar, hal ini terlihat pada banyaknya prestasi yang diraih sekolah khususnya di bidang Al￾Qur’an. Tahfidz Al-Qur’an adalah salah satu program yang memfokuskan pada penghafalan Al-Qur’an sebagai salah satu cara untuk mendapatkan pahala dari Allah serta kecintaan pada Al-Qur’an. Dalam setiap proses pembelajaran yang dilakukan, disadari ataupun tidak, kegiatan menghafal menjadi salah satu hal yang sering dilakukan baik oleh guru dan peserta didik. Sebagaimana pentingnya menghafal materi-materi pembelajaran, maka menghafal Al-Qur’an juga termasuk suatu hal yang tidak kalah penting untuk difokuskan oleh orang tua dan pendidik. Adapun penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perencanaan program Tahfidz Al-Qur'an di SD IT Cahaya Hati Pauh Kambar, (2) Untuk Untuk menganalisis pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an di SD IT Cahaya Hati Pauh Kambar, (3) Untuk mengetahui evaluasi program Tahfidz Al-Qur’an di SD IT Cahaya Hati Pauh Kambar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan jenis penelitian yyang menghasilkan penemuan yang mengutamakan pengamatan fenomena dan fakta yang terjadi. Subjek penelitian ini yaitu penerapan dan pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur'an dengan datanya diperoleh dari hasil observasi, wawancara dengan informan, dan dokumentasi. Sumber data diambil dari 4 informan, yaitu kepala sekolah, koordinator Divisi Al￾Qur’an, guru Tahfidz Al-Qur’an, dan peserta didk. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, perencanaan program Tahfidz Al-Qur'an di SD IT Cahaya Hati Pauh Kambar dilakukan dengan cukup baik. Tujuan Tahfidz Al-Qur'an ini yaitu untuk mencetak generasi pencinta Al￾Qur'an. Adapun target dari program ini yaitu peserta didik memiliki hafalan minimal 3 juz (juz 30, 29, dan 1). Kedua, pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur'an di SD IT Cahaya Hati Pauh Kambar untuk kelas rendah dan kelas tinggi memiliki i perbedaan waktu, metode, dan pelaksanaanya. Untuk kelas rendah, metode yang biasanya digunakan yaitu metode talaqqi, metode sambung ayat antarsiswa dan muroja’ah hafalan. Adapun untuk kelas tinggi lebih cenderung menggunakan metode talaqqi, taqrir, sima’an taakhi (muroja’ah bersama teman) dan belajar tilawah Al-Qur’an. Ketiga, Evaluasi program Tahfidz Al-Qur'an di SD IT Cahaya Hati Pauh Kambar dilakukan dengan rapat sekali sebulan untuk mengukur seberapa jauh target dan sasaran yang sudah dicapai siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
CorrectorAl-Ikhlas, Al-IkhlasUNSPECIFIED
CorrectorAlfurqan, AlfurqanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:57
Last Modified: 15 Jan 2024 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49565

Actions (login required)

View Item View Item