Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pembelajaran Pendidikan Islam di SMPN 7 Sijunjung

Putri, Giska Amelia (2023) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pembelajaran Pendidikan Islam di SMPN 7 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_GISKA_AMELIA_PUTRI_19329162_5644_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu strategi pembelajaran yang terkenal adalah Model Discovery Learning. Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang Menemukan konsep, makna, dan keterkaitan melalui pendekatan intuitif dan sampai pada kesimpulan adalah bagian dari proses pembelajaran Discovery Learning. peserta didik sering diminta untuk melakukan eksperimen, melakukan observasi, atau terlibat dalam jenis penyelidikan ilmiah lainnya sebagai bagian dari pendekatan pembelajaran Discovery Learning . Dengan bantuan teknik ini, peserta didik didorong untuk secara mandiri meneliti apa yang telah peserta didik pelajari dan kemudian membangun pengetahuan tersebut dengan memahami maknanya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul ‘’ Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 7 Sijunjung.’’ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perencanaan model pembelajaran Discovery learning pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Sjunjung, 2) penerapan model pembelajaran Discovery learning pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Sijunjung, 3)evaluasi Model pembelajaran Discovery learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 7 Sijunjung. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Perencanaan model dicovery lerning yang dilakukan guru pada pembelajaran pendidikan Agama Islam adalah menyiapkan RPP yang didalamnya guru telah mengimplementasikan RRP dengan model pembelajaran Discovery Leaerning. Pada tahap implementasi guru telah mengimplementasikan model Discovery Learning ini sesuai dengan langkah-langkahnya yang diawali dengan stimulus, problem statmen, reduksi data, verikasi data dan sampai pada tahap menarik kesimpulan. Pada tahap evaluasi terlihat hasil belajar peserta didik meningkat, selain hasil pembelajaran juga diketahui bahwa minat dan keaktivan peserta didik saat menggunakan model Discovery ini juga meningka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuliati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorSaputra, EdiUNSPECIFIED
CorrectorWiza, RahmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:52
Last Modified: 15 Jan 2024 07:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49561

Actions (login required)

View Item View Item