Putri, Giska Amelia (2023) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pembelajaran Pendidikan Islam di SMPN 7 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_7_GISKA_AMELIA_PUTRI_19329162_5644_2023.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Salah satu strategi pembelajaran yang terkenal adalah Model Discovery Learning. Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang Menemukan konsep, makna, dan keterkaitan melalui pendekatan intuitif dan sampai pada kesimpulan adalah bagian dari proses pembelajaran Discovery Learning. peserta didik sering diminta untuk melakukan eksperimen, melakukan observasi, atau terlibat dalam jenis penyelidikan ilmiah lainnya sebagai bagian dari pendekatan pembelajaran Discovery Learning . Dengan bantuan teknik ini, peserta didik didorong untuk secara mandiri meneliti apa yang telah peserta didik pelajari dan kemudian membangun pengetahuan tersebut dengan memahami maknanya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul ‘’ Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 7 Sijunjung.’’ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perencanaan model pembelajaran Discovery learning pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Sjunjung, 2) penerapan model pembelajaran Discovery learning pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Sijunjung, 3)evaluasi Model pembelajaran Discovery learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 7 Sijunjung. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Perencanaan model dicovery lerning yang dilakukan guru pada pembelajaran pendidikan Agama Islam adalah menyiapkan RPP yang didalamnya guru telah mengimplementasikan RRP dengan model pembelajaran Discovery Leaerning. Pada tahap implementasi guru telah mengimplementasikan model Discovery Learning ini sesuai dengan langkah-langkahnya yang diawali dengan stimulus, problem statmen, reduksi data, verikasi data dan sampai pada tahap menarik kesimpulan. Pada tahap evaluasi terlihat hasil belajar peserta didik meningkat, selain hasil pembelajaran juga diketahui bahwa minat dan keaktivan peserta didik saat menggunakan model Discovery ini juga meningka
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING | ||||||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LC Special aspects of education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:52 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:52 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49561 |
Actions (login required)
View Item |