Analisis Sosial Ekonomi Masyarakat terhadap Kualitas Fisik Rumah di Desa Duria Kecamatan Lolofitu Moi Kabupaten Nias Barat

Waruwu, Krismanto (2023) Analisis Sosial Ekonomi Masyarakat terhadap Kualitas Fisik Rumah di Desa Duria Kecamatan Lolofitu Moi Kabupaten Nias Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_KRISMANTO_WARUWU_19136020_7565_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana kondisi sosial dan kondisi ekonomi di Desa Duria Kecamatan Lolofitu Moi, (2) Mengetahui bagaimana tingkat kualitas fisik rumah penduduk, Desa Duria Kecamatan Lolofitu Moi dan (3) mengetahui pengaruh kondisi sosial dan kondisi ekonomi terhadap kualitas fisik rumah penduduk di Desa Duria Kecamatan Lolofitu Moi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui variasi masalah terutama bagian sosial dan ekonomi masyarakatnya. Metode analisis yang digunakan adalah Survey lapangan dan wawancara dengan metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik sampling penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan tingkat persentese 25% dari 190 populasi penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Tingkat kondisi sosial berada pada persentase rendah sebesar 51.50%. artinya kondisi sosial yang dilihat dari segi pendidikan dan pekerjaan orang tua masih sangat minim dan harus diperbaiki untuk meningkatkan kondisi sosial tersebut, sedangkan tingkat kondisi ekonomi masyarakat Desa Duria berada pada persentase sedang sebesar 68%. Artinya kondisi ekonomi masyarakat Desa Duria tidak merata baik, melainkan akan mengalami perubahan jika dilihat dari pekerjaan orang tua yang hanya berfokus pada pertanian karet saja. (2) Tingkat kualitas fisik rumah di Desa Duria rata-rata umumnya berada pada kriteria sedang yaitu sebesar 73.16% yang artinya indikator pada rumah penduduk cukup baik dalam menunjang fisik rumah penduduk di Desa Duria, dan (3) Kondisi sosial ekonomi masyarakat secara bersama-sama berpengaruh terhadap kualitas fisik rumah penduduk di Desa Duria kecamatan Lolofitu Moi sebesar 38.1%, Sedangkan sisanya sebesar 61.9% tidak termasuk dalam penelitian seperti motivasi dan keinginan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSri, MariyaUNSPECIFIED
CorrectorRamadhan, RizkyUNSPECIFIED
CorrectorPurwaningsih, EndahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:05
Last Modified: 15 Jan 2024 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49551

Actions (login required)

View Item View Item