Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 40 Padang.

Saputra, Andika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 40 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANDIKA_SAPUTRA_19029005_8220_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelajaran matematika memiliki tujuan utama salah satunya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis, tetapi pada kenyataannya kemampuan tersebut oleh peserta didik berada ditingkat rendah disebabkan pembelajaran yang terfokus pada penyampaian guru (teacher centered). Solusi yang diberikan adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimen dengan rancangan penelitian yaitu nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 40 Padang Tahun Ajaran 2022/2023 yang mana tidak terdapat kelas unggul disana. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil dari uji hipotesis diperoleh nilai P-value = 0,000 (α=0,05), artinya tolakH_0. Kesimpulan yang didapat bahwa model pembelajaran TSTS mempengaruhi secara positif kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII di SMPN 40 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF, MODEL PEMBELAJARAN, PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:01
Last Modified: 15 Jan 2024 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49540

Actions (login required)

View Item View Item