Studi Evaluasi Penerapan Sistem Poin dalam Mendisiplinkan Siswa di SMAN 2 Bukik Barisan Lima Puluh Kota

Firmansyah, Fadil (2023) Studi Evaluasi Penerapan Sistem Poin dalam Mendisiplinkan Siswa di SMAN 2 Bukik Barisan Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_FADIL_FIRMANSYAH_19058015_6034_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan siswa setiap semester di SMAN 2 Bukik Barisan, khususnya setelah penerapan sistem poin dilaksanakan. Pada semester Januari-Juni 2022 total ada 219 pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan oleh siswa dan pelanggaran itu meningkat pada semester Juli-Desember 2022 menjadi 282 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem poin dalam mendisiplinkan siswa di SMAN 2 Bukik Barisan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk evaluasi dan menggunakan model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan analisis dokumen dalam pengumpulan data. Pemeriksaan keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa penerapan sistem poin dalam mendisiplinkan siswa belum berjalan dengan baik. Fasilitator (guru) masih belum melakukan pencatatan secara maksimal terhadap poin yang didapatkan oleh siswa. Pencatatan yang dilakukan hanya formalitas, belum ada tindak lanjut yang dilakukan oleh guru Bimbingan Konseling di sekolah. Administrasi yang belum tertata dengan baik menjadi hambatan dalam penerapan sistem poin. Penerapan sistem poin hanya berlaku pada awal semester Januari-Juni 2021, setelah itu tidak lagi dijalankan, hanya melakukan penerapan sanksi langsung kepada siswa berupa membaca Al-qur’an dan membersihkan pekarangan sekolah bagi siswa yang melanggar aturan. Dari temuan yang ada, penulis memberikan rekomendasi agar penerapan sistem poin dilanjutkan, namun dalam segi pengawasannya supaya lebih ditingkatkan. Guru Bimbingan Konseling sebagai guru yang akan menindak lanjuti seluruh kedisiplinan siswa harus bisa merekap jumlah poin yang didapatkan oleh siswa, dan guru piket yang bertugas tidak hanya memberikan sanksi langsung apabila ada siswa yang melanggar aturan tetapi juga memberikan poin, serta kepala sekolah harus memonitoring penerapan sistem poin ini secara berkala

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNora, DesriUNSPECIFIED
CorrectorJunaidi, JunaidiUNSPECIFIED
CorrectorFernandes, RenoUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:00
Last Modified: 15 Jan 2024 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49538

Actions (login required)

View Item View Item