Hasil Belajar Mahasiswa Departemen Sejarah FIS UNP dengan Sistem Belajar Daring

Nazar, Putra Burhanudin (2023) Hasil Belajar Mahasiswa Departemen Sejarah FIS UNP dengan Sistem Belajar Daring. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_PUTRA_BURHANUDIN_NAZAR_18046170_5466_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada dua. Pertama untuk mengetahui hasil belajar sistem pembelajaran daring Mahasiswa Departemen Pendidikan Sejarah FIS UNP. Kedua, untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi sistem pembelajaran daring Mahasiswa Departemen Pendidikan Sejarah FIS UNP. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengam metode deskriptif. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Departemen Pendidikan Sejarah FIS UNP angkatan 2020, yaitu 136 orang mahasiswa aktif. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan random sampling diambil satu kelas sesi 202210460029 Matakuliah Perancangan Pembelajaran Sejarah, yaitu 22 orang mahasiswa. Data penelitian ini berupa angket yang disebarkan kepada mahasiswa dan studi dokumentasi untuk memperoleh hasil pembelajaran yang diperoleh dari dosen pemgampu matakuliah tersebut. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket untuk mengukur faktor – faktor yang mempengaruhi sistem pembelajaran daring. Mengukur analisis tersebut digunakan distribusi frekuensi sebagai teknik analisis. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh dua hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, hasil belajar sistem pembelajaran daring Mahasiswa Departemen Pendidikan Sejarah FIS UNP pada kualifikasi Baik. Hal terlihat dari perolehan rata – rata hitung 79,17 pada nilai UTS dan 77,82 pada nilai UAS. Kedua, faktor tersebut dibagu menjadi 5 aspek yaitu motivasi, sikap, minat, kebiasaan belajar, dan konsep diri. Jika diinterpretasikan 5 aspek tersebut “cukup berpengaruh”. Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa hasil dari UTS dan UAS saat sistem pembelajaran daring Mahasiswa Departemen Pendidikan Sejarah pada kualifikasi Baik. Faktor yang mempengaruhi sistem pembelajaran daring Mahasiswa Departemen Pendidikan Sejarah dari 5 aspek, bahwa diinterpretasikan “cukup berpengaruh”. Karena hasil pengujian membuktikan hanya aspek sikap diinterpretasikan “berpengaruh”. Seluruh dari aspek motivasi, minat, kebiasan belajar, dan konsep diri diinterpretasikan “cukup berpengaruh”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, Elfa MichelliaUNSPECIFIED
CorrectorBasri, WahidulUNSPECIFIED
CorrectorZafri, ZafriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SISTEM BELAJAR DARING
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:25
Last Modified: 16 Jan 2024 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49515

Actions (login required)

View Item View Item