Upaya Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Small Group Discussion di SMK N 4 Kepahiang

Sintia, Mira (2023) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Small Group Discussion di SMK N 4 Kepahiang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_MIRA_SINTIA_19046030_5959_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada dalam pembelajaran sejarah di SMK N 4 Kepahiang adalah rendahnya minat belajar siswa. Hal ini di yakini oleh salah satu penyebab yakni dengan menggunakan metode ceramah yang dilakukann guru, sebagai solusi peneliti mencoba penerapan metode Small Group Discussion. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus dengan 4(empat) tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrument penelitian ini berupa lembar observasi pada setiap siklus yang dilakukan oleh guru dan peneliti. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X teknik sepeda motor (TSM) yang berjumlah 34 orang siswa, yang terdiri dari 31 orang siswa laki-laki dan 3 orang siswa perempuan. Hasil dari analisis data yang didapat menunjukkan bahwa pada siklus I minat belajar siswa secara umum dan secara keseluruhan hal yang diamati ,belum mencapai kriteria dengan rata-rata persenan hanya 68% dengan memakai metode small group discussion. Sedangkan pada siklus II minat belajar siswa secara umum dan secara keseluruhan hal yang diamati sudah mencapai kriteria, dengan rata-rata presenan mencapai 88% dengan memakai metode small group discussion. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Small Group Discussion dapat meingkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 4 Kepahiang Tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAisiah, AisiahUNSPECIFIED
CorrectorBasri, WahidulUNSPECIFIED
CorrectorKarima, Elfa MichelliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:48
Last Modified: 12 Jan 2024 08:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49498

Actions (login required)

View Item View Item