Perkembangan Usaha Kayu Bapak Nofrizal di Ulu Gadut Padang dan Dampaknya terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Bagi Pekerja Tahun 2005-2021

Yani, Josi Putri (2023) Perkembangan Usaha Kayu Bapak Nofrizal di Ulu Gadut Padang dan Dampaknya terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Bagi Pekerja Tahun 2005-2021. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_JOSI_PUTRI_YANI_17046010_6456_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang perkembangan pengrajin kayu di ulu Gadut Padsng dan dampaknya terhadap kehidupan sosial ekonomi bagi pejerja tahun 2005-2021. Alasan penelitian ini penting dilakukan adalah untuk mengetahui perkembangan pengrajin kayu di ulu Gadut, Padang dan dampaknya terhadap kehidupan sosial ekonomi pekerja tahun 2005-2021. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana perkembangan pengrajin kayu di Jalan Raya Ulu Gadut Tahun 2005-2021 dan bagaimana dampak kerajinan kayu bagi kehidupan sosial ekonomi pekerja di Jalan Raya Ulu Gadut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri atas 4 tahapan. Pertama, Heuristic merupakan tahap pengumpulan data berupa data primer dan data sekunder. Kedua, kritik sumber merupakan tahap pengolahan data atau informasi melalui kritik internal dan eksternal. Ketiga, interpretasi atau analisis data yang dilakukan dengan cara merangkum semua data sehingga diperoleh gambaran berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini. Keempat, i historiografi atau penulisan sejarah merupakan tahap penulisan laporan penelitian kedalam bentuk tulisan ilmiah berupa skripsi. Hasil penelitian menunjukkan Perkembangan pengrajin kayu bapak di ulu gadut, Padang dari tahun ke tahun sangat meningkat, dikarenakan sudah banyaknya konsumen yang berdatangan untuk dibuatkan perabot rumah tangga seperti, konsen pintu, konsen jendela bahkan seperti lemari, kursi, meja dan lain sebagainya. Salah satunya yaitu pengrajin kayu milik bapak Nofrizal, usaha pengrajin kayu bapak Nofrizal sangat baik dikenal masyarakat sekitar. Dampak kehidupan sosial ekonomi bagi pekerja adalah, membawa dampak positif seperti pekerja pengrajin kayu bapak Nofrizal dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya dan bahkan dapat membiayai kebutuhan sekolah anak-anaknya. Sedangkan dampak negatifnya adalah masih ada pekerja yang belum berkecukupan dengan penghasilan yang didapat dari pengrajin kayu bapak Nofrizal, masih ada diantara mereka yang dibantu dari penghasilan lain seperti penghasilan istrinya dan membuka usaha lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRusdi, RusdiUNSPECIFIED
CorrectorHardi, EtmiUNSPECIFIED
CorrectorFitrisia, AzmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERKEMBANGAN USAHA KAYU
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:48
Last Modified: 12 Jan 2024 08:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49496

Actions (login required)

View Item View Item