Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX SMPN 43 Padang

Aprilia, Vivi (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX SMPN 43 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Vivi_Aprilia_19029120_8851_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan saat proses pembelajaran matematika adalah hasil belajar peserta didik yang rendah. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik adalah peserta didik belum terlibat aktif dalam menemukan pengetahuan atau konsep materi pembelajaran yang sedang dipelajari. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan mengenai hasil belajar matematika peserta didik adalah menerapkan model pembelajaran discovery learning yang berbasis pada penemuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaaan hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Randomized Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMPN 43 Padang pada tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika yang berbentuk soal essay yang dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai peserta didik kelas eksperimen yaitu sebesar 72,40 dan rata-rata nilai Peserta Didik kelas kontrol 61,32. Hasil uji hipotesis menunjukkan taraf nyata diperoleh P-value = 0,001 atau tolak artinya hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas IX SMPN 43 Padang. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajarana discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorMeutia, MaulaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:53
Last Modified: 12 Jan 2024 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49493

Actions (login required)

View Item View Item