Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XII MIA SMA Negeri 2 Bayang

Utami, Windi Kartika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XII MIA SMA Negeri 2 Bayang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Windi_Kartika_Utami_19029177_8477_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya, pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 2 Bayang masih rendah, karena pembelajaran yang digunakan belum mendukung untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, upaya yang dilakukan adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 2 Bayang selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan dan menganalisis apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik daripada yang belajar dengan model pembelajaran langsung dikelas XII MIA SMA Negeri 2 Bayang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group design, dan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas SMA Neger 2 Bayang tahun pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah kelas XII MIA 1 dan kelas yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah XII MIA 2. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data kuis diperoleh hasil yang menunjukan adanya perkembangan pemahaman keonsep matematis selama diterapkan model pembelejaran kooperatif tipe Two stay Two Stray. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik daripada yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik dikelas XII MIA SMA Negeri 2 Bayang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, Fridgo TasmanUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:51
Last Modified: 12 Jan 2024 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49492

Actions (login required)

View Item View Item