Pengembangan Majalah Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Respirasi untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Herriyadi, Wisulan (2023) Pengembangan Majalah Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Respirasi untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Wisulan_Herriyadi_18031178_8507_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Proses pendidikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah masih terdapat kekurangan, baik dalam tenaga pendidik maupun dalam pemanfaatan sumber belajar. Masih banyak peserta didik yang kurang memahami materi pembelajaran salah satunya disebabkan karena penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik. Sementara itu, majalah memiliki tampilan yang menarik jika dijadikan sebagai sumber belajar untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan majalah Biologi berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem respirasi untuk peserta didik kelas XI SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model IDI (Instructional Development Institute). Penelitian dilakukan tiga tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan penilaian (evaluate). Data yang didapatkan merupakan data primer yang bersumber dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi, observasi peserta didik, uji validitas dan praktikalitas subjek penelitian. Tahap pendefinisian dilakukan pengumpulan data dengan wawancara satu orang guru Biologi dan penyebaran angket peserta didik kepada 32 orang peserta didik Kelas XI MIPA SMA Adabiah 2 Padang. Tahap pengembangan dilakukan perancangan media pembelajaran dan uji validitas. Uji validitas dilakukan oleh dua orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan seorang guru Biologi di SMA Adabiah 2 Padang. Tahap penilaian dilakukan uji praktikalitas satu orang guru Biologi dan 32 orang peserta didik Kelas XI MIPA SMA Adabiah 2 Padang. Hasil penelitian menujukkan bahwa dihasilkannya majalah Biologi berbasis pendekatan saintifik tentang materi sistem respirasi untuk kelas XI MIPA SMA dengan nilai rata-rata validitas sebesar 85,12% dengan kriteria sangat valid dan nilai rata-rata praktikalitas sebesar 94,38% dengan kriteria sangat praktis berdasarkan uji validitas dan uji praktikalitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFuadiyah, Sa’diatulUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:51
Last Modified: 12 Jan 2024 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49491

Actions (login required)

View Item View Item