Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMAN 7 Padang

Sari, Weni Purwita (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMAN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_WENI_PURWITA_SARI_19033138_8836_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar fisika peserta didik di SMAN 7 Padang karena kesulitan pendidik membelajarkan peserta didik secara mandiri dan aktif dalam proses pembelajaran dan peserta didik sulit dalam mengaitkan konsep yang dipelajari dengan fenomena kehidupan sehari-hari. Solusi yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran agar hasil belajar meningkat adalah dengan pemilihan model dan media pembelajaran yang tepat. Salah satunya penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan LKPD tergadap hasil belajar fisika peserta didik SMAN 7 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi ekperimen dengan desain penelitian randomized possttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Fase F fisika SMAN 7 Padang yang terdaftar Tahun Ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan Sampel penelitian ini adalah kelas XI F1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F2 sebagai kelas kontrol, dengan jumlah anggota kelas sampel yang sama. Data penelitian meliputi hasil belajar fisika peserta didik pada aspek kognitif. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan LKPD. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar fisika peserta didik pada aspek pengetahuan pada kelas eksperimen yaitu 75 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 67,5. Uji hipotesis dari posttest yang dilakukan t dimana 1.883 > 1.666 H 0 ditolak dan H diterima, dapat disimpulkan dalam hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan LKPD memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI Fase F SMAN 7 Padang pada aspek pengetahuan dengan taraf nyata 0,05. 1 h > t t

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
CorrectorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:51
Last Modified: 12 Jan 2024 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49490

Actions (login required)

View Item View Item