Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Kahoot! Sebagai Digital Game-Based learning terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas Xi Ips di SMA Adabiah 2 Padang

Asharnie, Shakira (2023) Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Kahoot! Sebagai Digital Game-Based learning terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas Xi Ips di SMA Adabiah 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SHAKIRA_ASHARNIE_19045101_7445_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk 1). Mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IPS pada kelas kontrol di SMA Adabiah 2 Padang. 2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IPS pada kelas eksperimen di SMA Adabiah 2 Padang. 3). Untuk mengetahu pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot! sebagai Digital Game-Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Adabiah 2 Padang. Jenis penelitian ini kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas XI IPS di SMA Adabiah 2 Padang tahun ajaran 2023/2024. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling yaitu diambil seluruh populasi dengan karakteristik yang sama. Sehingga menghasilkan dua kelompok sampel kelas XI IPS 2 dan kelas XI IPS 4. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes, yang berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 butir soal. Penelitian memakai teknik analisis data uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test dan gain ternomalisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Hasil belajar siswa pada kelas kontrol setelah melaksanakan posttest memiliki rata-rata sebesar 74,56. 2). Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen setelah melaksanakan posttest memiliki rata-rata sebesar 84. 3). Berdasarkan hasil uji t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 2,52 ≥ 2,01, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian uji gain ternomalisasi N gain score kelas eksperimen 0,73 sedangkan kelas kontrol 0,55. Maka dapat disimpulkan penggunaan media aplikasi Kahoot! sebagai digital game- based learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorSuasti, YurniUNSPECIFIED
CorrectorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA APLIKASI KAHOOT
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:08
Last Modified: 12 Jan 2024 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49487

Actions (login required)

View Item View Item