Pengaruh Model Cooperative Learning dengan Metode Buzz Group terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI Fase F di SMA Negeri 9 Padang

Sesnita, Luchy Wahyu (2023) Pengaruh Model Cooperative Learning dengan Metode Buzz Group terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI Fase F di SMA Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_LUCHY_WAHYU_SESNITA_19045139_6905_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning dengan metode buzz group terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI fase F di SMA Negeri 9 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (tes awal- tes akhir dua kelompok). Sampel dari penelitian ini adalah kelas XI.F moving pagi dan XI.F moving siang dengan total 71 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel tersebut adalah teknik random sampling. Teknik pengambilan data berupa test yaitu hasil belajar pretest dan posttest. Sedangkan untuk mengolahan data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, uji daya beda soal, uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan uji N Gain. Proses pembelajaran dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan, dengan siklus yang dimulai dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pembelajaran dilakukan dengan mengikuti sintak-sintak yang terdiri dari menyampaikan tujuan dan mengatur setting, mengarahkan diskusi, menyelenggarakan diskusi, mengakhiri diskusi dan melakukan tanya jawab singkat tentang proses diskusi. Hasil penelitian ini menunjukaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata 91,81, sedangkan pada kelas kontrol 84,99. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikansi 0,003 < 0,05 dan Thitung > Ttabel yaitu 3,042 > 1,66724 yang artinya ada pengaruh model cooperatif learning dengan metode buzz group terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Maka, Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji N Gain pretest dan posttest kelas kontrol dengan diperoleh N Gain 0,3274 dengan kriteria sedang. Jika dipersentasekan menjadi 32,74% dengan kriteria tidak efektif. Oleh karena itu, tidak terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran konvensional. Sedangkan rata-rata nilai pretest dan posttest dengan diperoleh N Gain 0,5702 dengan kriteria sedang. Jika dipersentasekan menjadi 57,02% dengan kriteria cukup efektif. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang baik dengan penggunaan model cooperative learning dengan metode buzz group dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 9 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNovio, ReryUNSPECIFIED
CorrectorHermon, DediUNSPECIFIED
CorrectorSri, MariyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE LEARNING
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:05
Last Modified: 12 Jan 2024 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49486

Actions (login required)

View Item View Item