Penerapan Metode Belajar Aktif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS MA Nurul Maulid Muara Panas Kabupaten Solok

Lastri, Lastri (2023) Penerapan Metode Belajar Aktif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS MA Nurul Maulid Muara Panas Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_LASTRI_19045020_6709_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS MA Nurul Maulid Muara Panas, tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment dengan rancangan penelitian berupa pretest dan posttest. Dengan subjek penelitian yaitu kelas XI IPS-A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS-B sebagai kelas kontrol. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 40 orang. Instrument penelitian berupa tes 40 soal pilihan ganda yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung nilai rata-rata, uji n-gain dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran index card match adalah pretest sebesar 52 dan post-test sebesar 81 sedangkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretest sebesar 50 dan post-test sebesar 69, dilihat dari hasil uji N Gain dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest dan posttest kelas kontrol diperoleh n-gain 36,60% dengan kategori kurang efektif dan hasil pretest dan posttest kelas eksperimen diperoleh n-gain 61,31% dengan kategori cukup efektif. Untuk hasil uji t yang diperoleh thitung >ttabel yaitu 3,415 > 2,02 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak, hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang positif dan signifikan dari penggunaan metode pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa geografi kelas XI IPS MA Nurul Maulid Muara Panas tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
CorrectorSurtani, SurtaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: METODE BELAJAR AKTIF
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:04
Last Modified: 12 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49484

Actions (login required)

View Item View Item