Tinjauan Sifat Hedonisme dan Perilaku Pembelian Impulsif Pengguna E-Commerce di Kota Pekanbaru.

Stevanus, Mario (2023) Tinjauan Sifat Hedonisme dan Perilaku Pembelian Impulsif Pengguna E-Commerce di Kota Pekanbaru. Diploma thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_7_MARIO_STEVANUS_19134045_1112_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini, tidak semua konsumen melakukan pembelian secara rasional dan logis ketika sedang berbelanja. Pembelian impulsif adalah pembelian tidak rasional dan diasosiasikan dengan pembelian yang cepat dan tidak terencana, diikuti oleh adanya konflik pikiran serta dorongan emosional. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi impulse buying adalah gaya hidup atau sifat hedonisme. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan meninjau adanya hubungan antara sifat hedonisme dengan pembelian impulsif pengguna e-commerce di Kota Pekanbaru tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan 60 responden sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data primer dalam penelitian ini didapatkan dengan menggunakan instrumen kuesioner dan data sekunder diperoleh dari jurnal penelitian terdahulu. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas dan tanggapan responden terhadap variabel penelitian dengan menggunakan software SPSS 22. Gaya hidup hedonis dan perilaku pembelian impulsif saling berhubungan jika gaya hidup hedonis semakin tinggi maka semakin tinggi pula perilaku pembelian impulsif. Jika dilihat dari hasil penelitian ini tanggapan responden terhadap variabel sifat hedonisme memiliki rata-rata tanggapan responden senilai 3,65. Sedangkan pembelian impulsif memiliki rata-rata tanggapan responden senilai 2,97. Dapat disimpulkan bahwa masyarakat Kota Pekanbaru memiliki sifat hedonisme yang cukup tinggi untuk melakukan pembelian impulsif secara online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
CorrectorZulvia, YolandafitriUNSPECIFIED
CorrectorMaulana, AriefUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SIFAT HEDONISME, PEMBELIAN IMPULSIF, E-COMMERCE.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen-D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:04
Last Modified: 12 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49482

Actions (login required)

View Item View Item