Scaffolding Terhadap Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Kritis Matematis

Syahnur, Rezki Nanda (2023) Scaffolding Terhadap Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Kritis Matematis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_REZKI_NANDA_SYAHNUR_17029074_8493_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Dalam ranah pendidikan matematika, kemampuan berpikir kritis memiliki relevansi yang tak terbantahkan. Ini berkaitan dengan penguasaan keterampilan matematika yang lebih mendalam; memungkinkan individu untuk mengartikan, menganalisis, dan mengevaluasi solusi matematis dengan lebih baik. Namun, hasil survei internasional seperti Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dan Programme for International Students Assessment (PISA) menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis di kalangan Peserta Didik Indonesia. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengatasi hambatan ini adalah pendekatan Scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk dan penyebab kesalahan yang dibuat oleh peserta didik, serta bagaimana pemberian scaffolding berdampak pada peserta didik dalam hal kesalahan yang dibuat saat menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan keterampilan berpikir kritis. P enelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga puluh empat peserta didik SMA. Untuk mengumpulkan data, tes keterampilan berpikir kritis dalam matematika diberikan dan enam peserta didik yang dipilih secara Purposive sebagai responden wawancara berbasis scaffolding. H asil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebagian besar kesalahan yang dibuat adalah proses yang tidak lengkap saat menjawab (PTL) yang disebabkan oleh kurangnya kemampuan untuk membuat penjelasan, dan salah tafsir terhadap masalah atau konsep yang disebabkan oleh kurangnya kemampuan interpretasi dan analisis. 2) Scaffolding berguna untuk membantu peserta didik menemukan kesalahan, memahami pemahaman baru, dan memicu peserta didik untuk berpikir secara kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:44
Last Modified: 12 Jan 2024 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49475

Actions (login required)

View Item View Item