Identifikasi Kemampuan Connectivity dan Citizenship Peserta Didik Biologi sebagai Bagian Keterampilan Abad 21 di SMAN 12 Padang

Spahira, Nurulita (2023) Identifikasi Kemampuan Connectivity dan Citizenship Peserta Didik Biologi sebagai Bagian Keterampilan Abad 21 di SMAN 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Nurulita_Spahira_Anjani_Putri_19031097_7878_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi, guru tersebut belum menerapkan connectivity dan citizenship dalam pembelajaran biologi, guru masih menerapkan kompetensi 4C saja. Selain itu, peserta didik dianggap belum mampu untuk membangun hubungan dengan orang lain. Peserta didik juga belum mampu memelihara dan merawat lingkungan disekitarnya. Hal ini menyebabkan belum diketahui bagaimana kemampuan connectivity dan citizenship peserta didik guna untuk mengetahui apakah peserta didik memiliki kompetensi yang dibutuhkan pada Abad 21 ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidenfikasi kemampuan connectivity dan citizenship pada peserta didik biologi sebagai keterampilan Abad 21 di SMAN 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di SMAN 12 Padang. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-IPA sebanyak 180 orang peserta didik. Penelitian dilakukan dari bulan September 2022 hingga Agustus 2023. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 180 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif presentase. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa kemampuan conectivity peserta didik adalah 81,62% pada kategori “tinggi” dan pada kemampuan citizenship hasil yang diperoleh adalah 79,70% pada kategori “tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa telah teridentifikasi kemampuan connectivity dan citizenship pada peserta didik biologi sebagai keterampilan Abad 21 di SMAN 12 Padang dengan kategori “tinggi” yang berarti kemampuan peserta didik dalam membangun hubungan dengan orang lain, dan segala sesuatu yang ada disekelilingnya (lingkungan, sosial dan budaya) dapat dikatakan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorFitri, RahmadhaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:43
Last Modified: 12 Jan 2024 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49472

Actions (login required)

View Item View Item