Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Model Creative Problem Solving Bermuatan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pertiwi 1 Padang

Putri, Vinna Natasya (2023) Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Model Creative Problem Solving Bermuatan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_VINNA_NATASYA_PUTRI_19033068_8853_20223.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar fisika siswa di SMA Pertiwi 1 Padang. Pada proses pembelajaran guru kurang mengaktifkan siswa dalam memahami konsep fisika pada materi elastisitas dan fluida statis serta penggunaan bahan ajar yang belum mendukung model pembelajaran yang dipilih guru. Solusi yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran agar hasil belajar meningkat adalah dengan menerapkan penggunaan bahan ajar fisika berbasis model creative problem solving bermuatan peta konsep. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu menggunakan rancangan Randomized Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi hasil belajar fisika siswa pada aspek pengetahuan (kognitif). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Liliefors, uji F dan uji t pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar fisika siswa aspek pengetahuan pada kelas eksperimen yakni 82 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yakni 76. Uji hipotesis dari posttest yang dilakukan t h > t t dimana 1,831 > 1,666 H 0 ditolak dan H 1 diterima, dapat disimpulkan dalam hasil penelitian bahwa penerapan penggunaan bahan ajar fisika berbasis model creative problem solving bermuatan peta konsep memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang pada aspek pengetahuan dengan taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
CorrectorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:35
Last Modified: 12 Jan 2024 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49471

Actions (login required)

View Item View Item