Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Sekolah Penggerak Fase F pada Materi Laju Reaksi di SMAN 15 Padang

Putri, Salsabil Audia (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Sekolah Penggerak Fase F pada Materi Laju Reaksi di SMAN 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_SALSABIL_AUDIA_PUTRI_19035110_7742_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan sebuah kurikulum pendidikan yang dalam pelaksanaannya mencakup kegiatan intrakurikuler yang bervariasi (beragam) serta terdiri dari konten yang yang lebih dikembangkan dengan optimal. Kurikulum merdeka menuntut peserta didik untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari materi laju reaksi yang masih kurang, sehingga dibutuhkan LKPD berbasis problem based learning untuk sekolah penggerak fase F pada materi laju reaksi di SMAN 15 Padang. LKPD ini menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di kehidupan sehari-hari pada materi laju reaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis problem based learning untuk sekolah penggerak fase F pada materi laju reaksi di SMAN 15 Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu educational design research (EDR) dengan model pengembangan Plomp yang memiliki tiga tahapan, yaitu preliminary research (investigas awal), prototyping phase (pembentukan prototipe), dan assessment phase (penilaian/uji coba). Uji validitas dilakukan oleh 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMAN 15 Padang dengan menggunakan angket validasi. Praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia dan 9 orang peserta didik fase F SMAN 15 Padang. Data validasi dianalisis menggunakan indeks Aiken’s V. Hasil penelitian berdasarkan uji validitas menunjukkan indeks Aiken’s V 0,86 dengan kategori valid dan berdasarkan uji praktikalitas menujukkan nilai 93% oleh guru kimia dan 92% oleh peserta didik dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem based learning untuk sekolah penggerak fase F pada materi laju reaksi di SMAN 15 Padang telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryani, OktaUNSPECIFIED
CorrectorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
CorrectorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:27
Last Modified: 12 Jan 2024 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49469

Actions (login required)

View Item View Item