Devi, Arini Sastra (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Minat Belajar Seni Rupa SMA Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
|
Text
B.1_05_ARINI_SASTRA_DEVI_18020072_8564_2023.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 13 Padang. Peneliti, melakukan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan sampel kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari masing-masing 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan nilai rata-rata minat belajar seni rupa siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 85,04 pada kelas eksperimen dan 77,04 pada kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis terlihat bahwa ada perbedaan dari minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan taraf signifikan = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa minat belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dari pada kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Discovery Learning, Minat Belajar | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs Risna Juita | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2024 02:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2024 02:24 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49466 |
Actions (login required)
View Item |