Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Connecting, Organizing, Reflecting, Extending terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XII IPA SMAN 2 Batusangkar

Fadhilah, Nurul (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Connecting, Organizing, Reflecting, Extending terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XII IPA SMAN 2 Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_NURUL_FADHILAH_18029082_8402_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pemahaman Konsep matematis peserta didik merupakan dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun faktanya, Pemahaman Konsep matematis peserta didik kelas XII IPA SMAN 2 Batusangkar masih tergolong rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajran kooperatif tipe Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CORE lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas XII IPA SMAN 2 Batusangkar tahun pelajaran 2022/2023 dengan kelas XII IPA 2 dan XII IPA 3 sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah Posttest (tes akhir) Pemahaman Konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data dengan meggunakan uji-t, diperoleh Karena maka tolak dan terima , sehingga dapat disimpulkan bahwa Pemahaman Konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya diterapkan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending lebih baik daripada Pemahaman Konsep peserta didik yang pembelajarannya diterapkan model pembelajaran konvensional di kelas XII IPA SMAN 2 Batusangkar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:19
Last Modified: 11 Jan 2024 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49442

Actions (login required)

View Item View Item