Kesiapan Guru Biologi terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN Kota Pariaman

Novianti, Nifha Elfina (2023) Kesiapan Guru Biologi terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Nifha_Elfina_Novianti_18031074_7967_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam agar peserta didik lebih optimal untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Konsep merdeka belajar sebenarnya sejalan dengan literasi sains pada pembelajaran biologi, dengan adanya penggunaan konsep kurikulum merdeka belajar ini mampu meningkatkan kemampuan berpikir logis dan meningkatkan kognitif peserta didik. Berdasarkan hasil observasi, implementasi kurikulum merdeka oleh guru biologi belum sepenuhnya berjalan dengan baik dikarenakan masih terdapat kendala yang dialami oleh guru biologi seperti sarana dan prasarana yang belum lengkap dan kepemahaman guru terhadap kurikulum merdeka yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru biologi terhadap implementasi kurikulum merdeka di SMAN Kota Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh guru biologi di SMAN Kota Pariaman yang berjumlah 15 orang. Instrumen penelitian berupa angket dan pedoman wawancara serta dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik yang diperoleh dari instrumen penelitian yang telah digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru biologi di SMAN Kota Pariaman dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka berada pada kategori “siap” dengan persentase kesiapan sebesar 60% (9 orang), yang artinya secara kemampuan dalam mengusai bidang, minat, bakat, keselarasan dengan tujuan yang ingin dicapai dan sikap terhadap bidangnya dapat dikatakan sudah siap dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMAN Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFuadiyah, Sa‟diatulUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:19
Last Modified: 11 Jan 2024 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49441

Actions (login required)

View Item View Item