Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang

Luthain, Namira Dinda (2023) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Namira_Dinda_Luthain_19029100_8702_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan dalam pembelajaran matematika. Namun, fakta di lapangan menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29 Padang cenderung rendah. Hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah dilakukan selama observasi. Salah satu penyebab masalah tersebut ialah pembelajaran yang belum sepenuhnya memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan baik. Oleh karena itu, guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik diperlukan pemilihan pendekatan pembelajaran yang tepat. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan yaitu pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Tujuan penelitian ini ialah untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pendekatan PMR dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini ialah quasy-experimental dengan rancangan The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ialah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29 Padang tahun pelajaran 2023/2024. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas VIII.3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh P-value = 0,003. Karena P-value < α, maka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorElniati, SriUNSPECIFIED
CorrectorMeutia R, MaulaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:19
Last Modified: 11 Jan 2024 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49439

Actions (login required)

View Item View Item