Pengembangan E-Magazine Berbasis Android pada Materi Pemanasan Global untuk Siswa Kelas X SMA

Paroza, Nestia (2023) Pengembangan E-Magazine Berbasis Android pada Materi Pemanasan Global untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NESTIA_PAROZA_19033116_7456_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perkembangan era revolusi industri 4.0 ditandai dengan teknologi yang kian berkembang. Tantangan terbesar dalam era tersebut adalah percepatan perubahan teknologi yang berpengaruh dalam setiap sektor kehidupan. Begitu juga dengan bidang pendidikan. Dalam revolusi industri 4.0, dunia pendidikan di tuntut untuk mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang pesat serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai fasilitas lebih dan serba canggih untuk memperlancar proses pembelajaran. Penelitian yang menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil Hasil validasi bahan ajar e-magazine pada materi Pemanasan Global untuk siswa kelas X SMA memiliki nilai kevalidan yang valid berdasarkan teknik penilaian Aiken’v dengan nilai akhir 0,88. Bahan ajar ini dikatakan valid karena telah memenuhi karakteristik kevalidan produk dalam aspek materi (substansi materi dan desain pembelajaran) dan aspek media (tampilan, software perangkat, dan komunikasi audio visual). Sedangkan, hasil kepraktisan e-magazine pada materi Pemanasan Global untuk siswa kelas X SMA memiliki nilai kepraktisan dengan kategori sangat praktis yaitu, kepraktisan guru dengan nilai 91% dan kepraktisan siswa dengan nilai 86%. Karakteristik kepraktisan produk ini praktis dalam hal kemudahan penggunaan, efeisiensi waktu, daya tarik, dan manfaat dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:38
Last Modified: 11 Jan 2024 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49428

Actions (login required)

View Item View Item