Fajrina, Rahmi Ulfa
(2023)
Hambatan Guru dalam Pembelajaran Geografi Pada Materi Langkah-Langkah Penelitian Geografi di SMA Negeri 12 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan mengenai hambatan yang dialami guru dalam pembelajaran geografi pada materi langkah-langkah penelitian geografi di SMAN 12 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMAN 12 Padang. Subjek pada penelitian ini adalah dua orang guru geografi dan siswa kelas X SMAN 12 Padang. Data dikumpulkan melalui melalui wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi subjek.
Hasil penelitian menemukan bahwa hambatan yang dialami guru gegrafi SMAN 12 Padang dalam mengajarkan materi langkah-langkah penelitian geografi yaitu (1) Jam pelajaran terbatas tidak sebanding dengan cakupan materi langkah-langkah penelitian geografi yang luas (2) Guru belum memiliki kemampuan pengelolaan pembelajaran luar kelas yang baik (3) Kondisi lingkungan luar kelas yang tidak bisa di prediksi (4) Memerlukan tanggung jawab besar karena tingginya resiko pembelajaran luar kelas.
Actions (login required)
|
View Item |