Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Laju Reaksi Fase F Kelas XI

Fitri, Indah Annisa (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Laju Reaksi Fase F Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Indah_Annisa_Fitri_19035023_8191_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis problem based learning pada materi laju reaksi fase F kelas XI dan mengungkapkan kategori validitas dan praktikalitasnya. Penelitian ini merupakan Educational Design Research (EDR) dengan menggunakan model Plomp. Model Plomp terbagi menjadi 3 tahap yakni investigasi awal, tahap prototipe, dan tahap penilaian, namun pada penelitian ini dibatasi sampai prototipe IV yaitu tahap uji praktikalitas e-modul. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validasi dan praktikalitas. Validasi e-modul dilakukan oleh 5 orang validator, yang terdiri dari 3 orang dosen kimia Universitas Negeri Padang dan 2 orang guru kimia fase F kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Angket praktikalitas diisi oleh 2 orang guru kimia dan 15 orang peserta didik fase F kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Hasilnya dianalisis menggunakan Content Validity Ratio (CVR) untuk validasi isi, formula Aiken’s V untuk validasi konstruk, kebahasaan, kegrafisan pada validasi konten dan formula Aiken’s V untuk validasi media, dan juga percentages correction untuk praktikalitas. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, e-modul berada pada kategori valid dengan nilai kritis CVR 1.00 (validasi isi) dan nilai rata-rata V validasi konstruk sebesar 0,81, validasi kebahasaan sebesar 0,92 dan validasi kegrafisan sebesar 0,89) dan juga nilai ratarata V sebesar 0,85 (validasi media). E-modul juga berada pada kategori praktis dengan rata-rata praktikalitas guru sebesar 98% dan peserta didik sebesar 90%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorRiga, RigaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:35
Last Modified: 10 Jan 2024 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49391

Actions (login required)

View Item View Item