Pertanian Tembakau : Kajian Sosial Ekonomi Petani Tembakau Nagari Situjuah Banda dalam Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten 50 Kota (1990-2021)

Pratama, Altalariq Riza (2023) Pertanian Tembakau : Kajian Sosial Ekonomi Petani Tembakau Nagari Situjuah Banda dalam Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten 50 Kota (1990-2021). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ALTALARIQ_RIZA_PRATAMA_19046005_6469_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kehidupan sosial ekonomi petani tembakau di Nagari Situjuah Banda Dalam Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten 50 Kota tahun 1990-2021. Dilatarbelakangi oleh masalah pemasaran tembakau oleh tauke tunggal yang mengatur harga semakin tidak memenuhi kebutuhan petani sehingga berdampak pada kehidupan sosial ekonomi petani tembakau. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan perkembangan pertanian tembakau dan kehidupan sosial ekonomi petani tembakau di Nagari Situjuah Banda Dalam pada tahun 1990- 2021. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Bagaimana perkembangan usaha pertanian tmbakau di Nagari Situjuah Banda Dalam pada tahun 1990-2021; (2) Bagaimana kehidupan sosial ekonomi petani tembakau di Nagari Situjuah Banda Dalam pada tahun 1990-2021. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah merupakan langkah-langkah yang digunakan untuk membantu mengumpulkan sumber-sumber sejarah melalui empat tahap yaitu dengan langkah sebagai berikut: (1) Heuristik yaitu mencari dan menemukan sumber (heuristik). Tahap ini penulis mencari sumber tertulis dan sumber lisan. Data tertulis yang didapat dari arsip, dokumen, buku dan jurnal. Sedangkan untuk data lisan diperoleh wawancara. (2) Kritik Sumber melakukan pengujian dan penilaian terhadap data yang dikumpulkan melalui kritik ektren dan instern, kritik ektren menguji fisik sumber dan tidak ditemukan kejanggalan pada sumber tersebut dan kritik intren melakukan perbandingan dari sumber yang didapat antara sumber satu dengan sumber yang lain. (3) Interpretasi adalah penafsiran fakta-fakta sejarah kemudian dihubungkan antara satu fakta dengan fakta lain sehingga menjadi kesatuan yang sah, dan (4) Historiografi adalah merangkai fakta juga maknanya secara kronologis atau diakronis dan sistematis, menjadi tulisan sejarah sebagai kisah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 1990-1999 usaha pertanian tembakau mengalami perkembangan produksi tembakau dan harga beli yang mendukung kebutuhan petani, dikarenakan tembakau pada masa itu menjadi komoditas incaran. Pada tahun 1990-1999 harga dari tembakau dapat meningkatkan status sosial masyarakat,dapat digunakan untuk biaya anak sekolah hingga kuliah, membeli ternak, dan perhiasan. Akan tetapi pada tahun 2000-2021 usaha pertanian tembakau mengalami kemunduran produksi dikarenakan harga tembakau semakin tidak mendukung kebutuhan petani, sehingga berakibat pada menurunnya penghasilan petani di Nagari Situjuah Banda Dalam dan petani tidak lagi memperkerjakan buruh tani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHardi, EtmiUNSPECIFIED
CorrectorRusdi, RusdiUNSPECIFIED
CorrectorNajmi, NajmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KAJIAN SOSIAL EKONOMI PETANI TEMBAKAU
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Jan 2024 01:37
Last Modified: 11 Jan 2024 01:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49383

Actions (login required)

View Item View Item