Pembuatan LKPD Berbasis Project Based Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Siswa Fase E di SMAN 1 Banuhampu

Illahi, Fio Adella (2023) Pembuatan LKPD Berbasis Project Based Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Siswa Fase E di SMAN 1 Banuhampu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_FIO_ADELLA_ILLAHI_19033025_8866_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan latar belakang bahwa perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka, memberikan dampak terhadap kesiapan bahan ajar. Salah satu bahan ajar tersebut adalah LKPD. Hal ini disebabkan karena kurikulum merdeka menuntut pembelajaran berbasis project. Pada kenyataan di lapangan, LKPD yang digunakan di sekolah belum memenuhi tuntutan kurikulum merdeka dikarenakan LKPD hanya membuat materi singkat, soal latihan, dan project yang tidak memuat langkah-langkah pengerjaannya secara eksplisit. Oleh karena itu diperlukannya pembuatan LKPD berbasis project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis project based learning pada materi pemanasan global yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan metode model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebarluasan). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai dengan tahap development (penyebarluasan). Subjek penelitian adalah 3 orang validator dan 3 orang guru untuk praktikalitas serta peserta didik fase E. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa LKPD berbasis project based learning pada materi pemanasan global untuk fase E. Hasil validitas untuk aspek penyajian memperoleh nilai 0,872, aspek kegrafikan memperoleh nilai 1, aspek kelayakan isi memperoleh nilai 0,914, dan aspek kebahasaan memperoleh nilai 0,889. Sedangkan hasil praktikalitas berdasarkan penilaian guru diperoleh rata-rata 94,7% dan peserta didik 80%. Jadi, LKPD Berbasis project based learning pada materi pemanasan global untuk fase E yang dihasilkan telah layak diujicobakan pada lapangan yang sesungguhnya karena telah dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:26
Last Modified: 09 Jan 2024 07:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49367

Actions (login required)

View Item View Item