Analisis Kompetensi Profesional Mahasiswa Geografi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan Gelombang 1 dan 2 di Universitas Negeri Padang Tahun 2023.

Nurfajrina, Aisah (2023) Analisis Kompetensi Profesional Mahasiswa Geografi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan Gelombang 1 dan 2 di Universitas Negeri Padang Tahun 2023. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_AISAH_NURFAJRINA_19045053_7431_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi profesional dengan indikator 1).Penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran, 2).Penguasaan Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan pembelajaran (TP), Alur Tujuan pembelajaran (ATP), 3).Pengembangan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, 4).Pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, 5).Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri dan peserta didik. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitaif. Data terkait Analisis Kompetensi Profesional Mahasiswa geografi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan Gelombang 1 Dan 2 diperoleh melalui instrumen dengan angket (kuesioner) menggunakan Link Google Form. Sampel responden dalam penelitian ini diambil sebanyak 51 orang mahasiswa geografi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan Gelombang 1 Dan 2 di Universitas Negeri Padang. Berdasarkan hasil penelitian maka didapatkan analisis kompetensi professional mahasiswa geografi pendidikan profesi guru (PPG) pra jabatan gelombang 1 dan 2 di Universitas Negeri Padang Tahun 2023 indikator 1).Penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yaitu berada dalam kategori sangat menguasai 2).Penguasaan Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan pembelajaran (TP), Alur Tujuan pembelajaran (ATP) yaitu berada dalam kategori sangat menguasai 3).Pengembangan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif yaitu dengan berada dalam kategori mampu 4).Pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif yaitu berada dalam kategori sangat mampu 5).penguasann pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri dan peserta didik yaitu berada dalam kategori sangat menguasai. Hasil analisis kompetensi professional mahasiswa pendidikan profesi guru (PPG) pra jabatan gelombang 1 dan 2 di Uneversitas Negeri Padang Tahun 2023 yaitu dalam kategori Sangat baik. Meskipun dalam kategori sangat baik namun masih pentingnya kesadaran mahasiswa PPG dalam mengembangkan kemampuannya untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan memilki kinerja yang tinggi untuk meningkatkan kualitas Pendidikan dengan mengikuti pendidikan pelatihan guru dan seminar kependidikan yang berkaitan dengan kegurunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErmawati, ErmawatiUNSPECIFIED
CorrectorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
CorrectorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL MAHASISWA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:20
Last Modified: 09 Jan 2024 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49364

Actions (login required)

View Item View Item